Microsoft Rilis Surface Laptop dan OS Windows 10 S

Microsoft Rilis Surface Laptop dan OS Windows 10 S
Microsoft Rilis Surface Laptop dan OS Windows 10 S
Belum lama ini Microsoft secara resmi meluncurkan produk gadget terbarunya, yakni laptop surface dalam acara yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat. Laptop ini hadir dengan desain unik dimana mengusung bahan sejenis kain Alcantara yang diimpor dari Italia, Yap, bahan ini dapat ditemukan di beberapa penutup keyboard, termasuk keyboard dan trackpad-nya. Surface Laptop akan hadir dalam erbagai warna antara lain yaitu Platinum, Burgundy, Cobalt Blue dan Graphite Gold.

Berbeda dengan laptop-laptop surface sebelumnya, Microsoft benar-benar merancang Surface Laptop ini menjadi sebuah laptop sungguhan. Nah lho, maksudnya? nah surface laptop yang dirilis kali ini bukan merupakan laptop hybrid atau 2 in 1 (konvertibel) yang bisa diubah menjadi tablet layaknya Surface Book maupun Surface Pro.

Bermula dari layar yang diusung oleh Surface Laptop, yaitu hadir dengan layar PixelSense berukuran 13,5 inch dengan aspek rasio 3:2 yang berbeda dengan kebanyakan laptop pada umumnya, yang mana bentuk layar ini sama dengan yang dipakai oleh Surface Pro 4 dan Surface Book. Selain itu resolusi layar laptop ini adalah 2.256 x 1.504 pixels serta telah mendukung Surface Pen.

Kemudian untuk dimensi laptop surface yakni berukuran panjang 308,1 mm dan lebar 223,27 mm. Microsoft mengklaim bahwa layar laptop ini adalah yang paling tipis, dimana ketebalannya hanya 9,9 mm untuk di bagian depan dan 14,48 mm untuk ketebalan belakang. Sementara untuk bobot atau beratnya hanya 2,76 pound atau sekitar 1,25 kilogram.

Microsoft Rilis Surface Laptop dan OS Windows 10 S

Mengenai spesifikasi surface laptop, dapat dikatakan laptop ini memiliki performa yang sangat baik. Pertama di sektor processor, laptop ini dibekali processor Intel Core i5 atau i7 generasi ke 7 alias Kaby Lake. Lalu ada beberapa pilihan RAM yang ditawarkan mulai dari 4GB, 8GB hingga 16GB. Tak hanya itu, surface laptop ini juga hadir dengan dukungan SSD yang bervariasi pula, yakni dari yang paling kecil 128GB, 256GB, hingga yang paling besar 512GB.

Berikutnya dari segi konektivitas, laptop ini menyediakan port USB 3.0, 3.5 mm headset jack, dan Mini DisplayPort. Untuk koneksi wireless, Microsoft menghadirkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dan Bluetooth 4.0 LE. Surface Laptop juga mendukung Omnisonic Speakers dengan kualitas audio premium dari Dolby yang diletakkan di bagian bawah laptop.

Microsoft Rilis Surface Laptop dan OS Windows 10 S

Nah, menariknya laptop ini akan mengusung sistem operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 10 S. Bedanya dengan versi Windows 10 lain adalah OS yang satu ini mempunyai tampilan yang lebih sederhana, dan didesain sedemikian rupa sehingga memiliki performa dan keamanan yang tinggi, serta pastinya hemat baterai. Untuk baterai sendiri, Surface Laptop diklaim memiliki baterai yang bisa bertahan hingga 14,5 jam jika memakai Windows 10 S.

Terakhir soal informasi harga surface laptop ini yaitu bersumber dari situs web resmi Microsoft, dimana mereka membuka sesi pre-order untuk tiap varian Surface Laptop. Untuk varian yang paling rendah, yakni Core i5 RAM 4GB dan SSD 128GB dijual dengan harga US$ 999, sedangkan varian tertinggi dari laptop surface dengan spesifikasi Core i7 RAM 16GB dan SSD 512GB dibanderol dengan harga US$ 2199.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment