Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak di PhotoScape

Mungkin di antara kalian sudah pernah mendengar foto dengan format GIF. Ya, File GIF ini merupakan format foto/gambar dengan ukuran kecil yang mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga sering disebut sebagai gambar animasi (bergerak). Nah, gambar GIF ini biasanya dibuat melalui software pengolah gambar profesional seperti Photoshop. Namun sebenarnya selain Photoshop ada banyak aplikasi lain yang mampu membuat foto GIF secara sederhana, salah satunya yaitu PhotoScape.

Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak di PhotoScape

Mungkin di antara kalian sudah ada yang mengetahui aplikasi edit foto satu ini dan sebagian mungkin juga ada yang belum mengetahuinya. Aplikasi Photoscape ini memiliki berbagai macam fitur di dalamnya, mulai dari photo viewer, editor, batch editor, page, combine, Animated GIF dan masih banyak lagi. Nah, yang akan kita bahas adalah tentang fitur Animated GIF yang mempunyai kemampuan menggabungkan beberapa gambar secara berurutan sehingga menghasilkan gambar animasi bergerak.

Berikut Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak di PhotoScape:

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa foto atau gambar untuk membuat animasi GIF bergerak di PhotoScape. Sebagai contoh, kali ini saya akan gunakan 5 buah gambar mobil yang berbeda untuk bahan pembuatan animasi GIF.

Kemudian setelah menyiapkan sejumlah gambar, pastikan pula Anda sudah menginstall aplikasi PhotoScape. Karena jika belum install percuma saja Anda tidak akan bisa mengikuti tutorial kali ini. Berikut link downloadnya:


Langkah-langkah:

1. Jalankan aplikasi PhotoScape yang telah terinstall di PC/laptop.

2. Pada halaman utama, pilih menu Animated GIF.

3. Selanjutnya buka folder gambar yang ingin dimasukkan. Silahkan pindahkan (drag and drop) foto tersebut satu per satu ke bagian atas. Anda juga dapat mengurutkan foto tersebut sesuai keinginan. Perhatikan gambar berikut.

Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak di PhotoScape

4. Setelah selesai dipindahkan, Anda dapat mengatur durasi/waktu berubah-ubahnya gambar tersebut melalui Change time. Selain itu Anda juga bisa mengatur efek slide gambar pada bagian Change effect.
Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak di PhotoScape

5. Jika sudah merasa puas dengan hasilnya, maka Anda dapat menyimpannya dengan menekan tombol Save.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Itulah tips dan trik yang dibahas kali ini mengenai Cara Membuat Gambar Animasi GIF Bergerak di PhotoScape, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
May 11, 2017 at 10:34 PM ×

Mantap artikel nya akhirnya bisa dapat ilmu baru lagi thnks gan

Congrats bro Muhammad Nuh Hasibuan you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment