Apa itu Ransomware WannaCry? dan Cara Mencegahnya

Apa itu Ransomware WannaCry? dan Cara Mencegahnya
Apa itu Ransomware WannaCry? dan Cara Mencegahnya ~
Akhir-akhir ini internet sedang digemparkan dengan serangan program jahat ransomware bernama Wanna Decryptor atau sering disebut sebagai "WannaCry". Malware ini melakukan pencurian data pada sistem komputer yang mana telah menelan banyak korban di 99 negara, termasuk Indonesia, serta meminta tebusan berupa sejumlah uang.

Di Indonesia, menurut kabar yang beredar bahwa malware ini telah menyerang beberapa titik lokasi berupa instansi-instansi penting terutama instansi medis, antara lain Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita yang berlokasi di Jakarta. Sesuai namanya, ransomware WannaCry memang telah membuat puluhan negara di dunia 'menangis'.

Apa sih WannaCry itu? WannaCry ini adalah sejenis ransomware yang diciptakan oleh para hacker, dengan tujuan untuk menyerang sistem komputer lewat celah-celah keamanan. Serangan ransomware berkembang sangat cepat dan apabila sebuah komputer terinfeksi WannaCry maka data di dalamnya akan terkunci atau bahkan dicuri.

Selain itu, para pelaku hacker juga meminta korban untuk membayar tebusan uang $300 USD dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin jika ingin filenya kembali, apabila pengguna mengabaikannya maka terpaksa file tersebut akan dihapus oleh mereka.

Cara kerja ransomware ini yaitu dengan memanfaatkan celah keamanan pada komputer berbasis Windows, kemudian mereka memasukkan malware ke dalam komputer pengguna melalui link-link jahat yang tersebar di berbagai situs maupun melalui spam yang masuk ke email pengguna.

Jika pengguna membuka link program tersebut, maka akan muncul pemberitahuan bahwa file mereka telah di-encrypt sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna. Kemudian pengguna akan diberi jangka waktu untuk menebus sejumlah uang yang diajukan pelaku apabila datanya ingin dikembalikan. Target mereka adalah instansi atau perusahaan-perusahaan besar, namun tidak menutup kemungkinan kalau perangkat komputer individu juga akan terjangkit ransomware ini.

Lalu, bagaimana cara melindungi komputer kita dari serangan ransomware tersebut? langkah pertama sudah pasti kita harus segera melakukan pencegahan dengan membackup semua data ke perangkat lain yang terpisah. Selanjutnya yaitu dengan melakukan update OS Windows ke yang paling terbaru, tak lupa kita beri perlindungan dengan menginstall aplikasi antivirus dan internet security.

Nah, setelah mengetahui apa itu wannacry dan bahayanya terhadap komputer maka cara terbaik untuk menghindari serangan ini adalah jangan mudah percaya terhadap email spam dan situs-situs mencurigakan. Sebab apabila kita terpengaruh dengan tipuan tersebut maka hal tersebut dapat merugikan diri kita sendiri, terutama pada hilangnya file dan data-data pribadi.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment