7 Istilah Teknologi yang Sering Salah Sebut

Di era modern ini kita sebagai manusia tentu tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi. Perkembangan perangkat-perangkat canggih yang disebut teknologi tersebut memang selalu terjadi dari tahun ke tahun, sebut saja perangkat PC yang berkembang menjadi komputer portabel atau dikenal sebagai laptop, serta feature phone yang beralih ke tren smartphone, dan masih banyak lagi.

Di samping perkembangan teknologi yang semakin canggih, ada beberapa istilah teknologi yang muncul seperti Wi-Fi, Copy Paste, Meme, dan lain sebagainya. Menariknya, sebagian orang atau mungkin kebanyakan dari kita yang sering salah dalam cara pengucapan istilah-istilah tersebut. Lalu bagaimana pelafalan yang benar untuk beberapa istilah teknologi yang ada saat ini? Silahkan simak uraiannya di bawah ini. 

Berikut 7 Istilah Teknologi yang Sering Salah Sebut:

1. Copy Paste

Copy Paste

Jujur saja, ketika pertama kali mengetahui kalimat ini pasti kalian langsung menyebutnya dengan kata "Kopi Paste" atau mungkin masih sampai sekarang. Pengucapan yang benar adalah "Kopi Peist" dengan huruf E seperti pada pengucapan kata Bebek.

2. Wi-Fi

Wi-Fi

Siapa yang gak tau Wi-Fi? hampir semua pengguna gadget pasti sudah mengenal teknologi koneksi tanpa kabel satu ini. Namun, istilah ini juga masing sering keliru dalam penyebutannya. Banyak orang membacanya dengan kata "Wai-Fi" atau lebih parah lagi dibaca sesuai penulisannya "Wi-Fi". Cara pengucapan yang paling benar yaitu "Wai-Fai" sama juga dengan menyebut Sci-Fi dengan "Sai-Fai".

3. Meme

Meme dibaca Mim

"Hari gini gak tau Meme? Kemana Aja!" Mungkin itu gambaran bagi pengguna sosmed yang belum tahu apa itu meme. Meme merupakan gambar atau karakter yang mengandung lelucon. Tapi kalau kamu baca Meme dengan sebutan "Me-me" maka kamu salah, yang benar adalah dibaca "Mim".

4. Router

Router

Mungkin tidak semua orang mengetahui perangkat yang satu ini. Sekedar informasi, Router adalah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan untuk dapat menuju tujuannya. Terkadang kita menyebutnya dengan kata "Rooter", padahal yang benar itu adalah "Rowter".

5. Cache

Cache Memory

Smartphone Anda sering lambat? Salah satu penyebabnya adalah menumpuknya cache dalam memori ponsel. Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara pada sebuah perangkat. Tak sedikit dari kita juga salah dalam penyebutan istilah ini, yang benar adalah "cash", bukan "key-shey" apalagi "kech".

6. Charge

Charge Smartphone

Nah kalau ini sih pasti semua orang sudah tahu dan pernah melakukannya. Charge merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengisi ulang daya baterai sebuah perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain-lain saat baterainya habis. Sedangkan alatnya sendiri disebut dengan istilah Charger. Nah, sebagian besar kita membaca Charge maupun Charger dengan kata "Ngecas/Casan". Pengucapan yang benar adalah "Carj" dan "Carjer".

7. Typo

Typo

Ketika kita salah ataupun keliru dalam mengetik sesuatu kita akan bilang bahwa itu adalah Typo. Namun lagi-lagi kebanyakan orang Indonesia masih salah dalam menyebut kata "Typo" dengan "Ti-Po". Cara membaca Typo yang benar yaitu "Tai-Po".

Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Istilah Teknologi yang Sering Salah Sebut, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment