6 Fungsi Tombol Power di Android yang Jarang Diketahui

Sebuah smartphone atau ponsel pintar pasti terdiri dari beberapa tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Di antara tombol yang ada pada ponsel yaitu tombol volume up, volume down, home, menu, dan tombol power. Nah, berbicara tentang tombol power, pasti semua smartphone memiliki tombol yang satu ini, dengan tombol power kita bisa menghidupkan smartphone maupun mematikannya.

6 Fungsi Tombol Power di Android yang Jarang Diketahui

Namun perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tombol power terutama pada smartphone Android, tidak hanya berfungsi untuk menyalakan ataupun mematikan ponsel saja, melainkan juga bisa digunakan untuk melakukan beberapa aktivititas, yang mana fitur ini dijadikan sebagai jalan pintas atau quick access.

Berikut 6 Fungsi Tombol Power di Android yang Jarang Diketahui:

1. Restart Mode
Mungkin sebagian ponsel Android tidak memiliki fitur ini, namun kebanyakan smartphone dibekali dengan pilihan menu restart yang diawali dengan menekan tombol power terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui, restart berfungsi untuk menyalakan ulang perangkat smartphone, biasanya kita melakukan restart bila terjadi hang ataupun untuk mengubah pengaturan.

2. Screenshot
Bagi Anda yang suka mengambil gambar pada layar smartphone tentu tidak asing dengan fitur satu ini. Screenshot atau Screen Capture adalah kegiatan untuk menangkap tampilan layar pada smarthone Android. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mengkombinasikan tombol Power dengan tombol volume up/down. Pada beberapa ponsel yang memiliki tombol home fisik seperti Samsung biasanya menggunakan kombinasi tombol power dan home untuk mengambil screenshot

3. Recovery Mode
Untuk masuk ke recovery mode, kita harus melakukan kombinasi tombol power dengan tombol lain. Sebagai informasi, Recovery Mode adalah mode yang berisi menu-menu yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan software Android, seperti membersihkan cache, menghapus seluruh data, menginstall Custom ROM, dan lain-lain. Cukup dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume up/home, pastikan smartphone Anda dalam keadaan mati sebelum masuk ke recovery mode.

4. Mengakhiri Panggilan
Biasanya kita mengakhiri atau mematikan panggilan telepon dengan melakukan klik pada layar. Namun kali ini berbeda, Anda bisa mengakhiri panggilan telepon hanya dengan menekan tombol power. Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya melalui menu Settings – Accessibility, lalu geser pengaturan Power button ends call menjadi on.

5. Download Mode
Beberapa smartphone seperti Samsung memiliki fitur rahasia pada tombol powernya, yaitu Download Mode. Fitur ini berfungsi untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan software yang ada pada ponsel android, serta melakukan restore system jika terjadi kerusakan. Caranya adalah matikan smartphone terlebih dahulu lalu kombinasikan tombol Power + Volume Up + Home secara bersamaan.

6. Safe Mode
Salah satu cara yang dapat dilakukan agar ponsel tidak lemot adalah dengan menghapus file-file cache dan virus yang ada di Android. Dengan Safe mode Anda bisa melakukannya tanpa aplikasi pihak ketiga. Umumnya cara masuk ke safe mode ini dengan cara menekan tombol Power dalam keadaan mati, lalu saat proses booting tekan tombol Volume up/down secara bergantian dan terus menerus hingga masuk ke homescreen. Perlu diketahui, tidak semua smartphone Android memiliki fitur ini.

Demikianlah artikel kali ini mengenai 6 Fungsi Tombol Power di Android yang Jarang Diketahui, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment