Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android

Bagi yang suka mengutak atik android pasti sudah mengenal istilah yang satu ini. Android Mod atau lebih dikenal dengan istilah Custom ROM Android adalah sebuah file sistem firmware pada perangkat ponsel atau tablet berbasis Android yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga dan dikustomisasi sesuai keinginan dengan mengubah firmware bawaan (Stock ROM) dari vendor perangkat tersebut. Tujuan pengembang membuat sebuah custom ROM antara lain untuk mengganti, menambah atau bahkan menghilangkan fitur dari perangkat Android dengan maksud meningkatkan kemampuan atau kinerja dari perangkat itu sendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android

Umumnya pengguna Android yang menginstall custom ROM pada perangkat mereka karena untuk mendapat performa yang lebih baik dan memperoleh fitur-fitur yang menarik. Ya, memang benar custom ROM ini memberi banyak keuntungan bagi penggunanya. Namun, alangkah baiknya sebelum Anda menginstall custom ROM ini tidak hanya memperhatikan dari sisi kelebihannya saja, melainkan juga mempertimbangkan kekurangan ataupun kelemahan yang dimiliki agar tidak menyesal nantinya.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android:

Kelebihan Custom ROM Android:
  1. Memperoleh OS Android versi terbaru. Keuntungan pertama yang akan Anda dapat ketika menginstall custom ROM tidak lain adalah OS Android yang diupdate menjadi versi paling baru atau yang terkini. Dengan Android versi terbaru tentu Anda akan merasakan performa yang lebih meningkat dibanding ROM bawaan.
  2. Memperbaiki fitur dan aplikasi yang kurang optimal. Selain OS terbaru, keuntungan lain dari custom ROM adalah perbaikan fitur serta aplikasi bawaan yang performanya dinilai kurang optimal.
  3. Tampilan antarmuka menjadi lebih menarik. Tidak sedikit dari kita yang merasa tampilan antarmuka bawaan smartphone kurang menarik atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Dengan adanya custom ROM, maka tampilan smartphone kita akan terlihat lebih menarik.
  4. Penggunaannya lebih mudah (user friendly). Kadang kala ROM bawaan Android memberi pelayanan yang kurang memuaskan, untuk itu dengan adanya custom ROM maka akan lebih memudahkan pengguna Android dalam menggunakan perangkat mereka. 

Kekurangan Custom ROM Android:
  1. Menghilangkan garansi. Salah satu kelemahan yang tentu saja Anda dapatkan setelah menggunakan custom ROM adalah garansi perangkat akan hilang. Hal ini disebabkan perusahaan smartphone tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan yang berkaitan dengan software atau OS.
  2. Fitur update yang kurang memuaskan. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan smartphone menyediakan fitur pembaruan secara otomatis untuk memperbaiki firmware smartphone tersebut. Lain halnya pada custom ROM, dimana beberapa fitur update memiliki kualitas yang tidak begitu baik dibanding dengan ROM bawaan.
  3. Beberapa aplikasi akan hilang. Untuk mengurangi pemakaian RAM agar perangkat berjalan lebih optimal biasanya custom ROM menghilangkan atau menghapus beberapa aplikasi yang terpasang pada ROM bawaan.
  4. Terkadang masih ditemukan bug atau error. Ketika menggunakan custom ROM terkadang tidak akan selalu sempurna alias masih banyak kekurangan. Misalnya pengaturan data internet yang tidak stabil, hasil kamera menjadi tidak bagus, dan kendala-kendala lainnya.

Demikianlah artikel kali ini tentang pembahasan Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android, semoga bermanfaat untuk Anda semua.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment