Wow, Instagram Kini Bisa Diakses Tanpa Internet!

Tak bisa dipungkiri kalau saat ini Instagram menjadi salah satu jejaring sosial terpopuler dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Instagram dapat dikatakan sebagai aplikasi untuk edit dan berbagi foto serta video terbaik yang ada saat ini. Setelah sekitar 5 tahun sejak instagram dirilis, kini jumlah pengguna instagram aktif telah mencapai lebih dari 500 juta setiap bulannya dan 300 juta pengguna aktif setiap harinya. Sementara di Indonesia, instagram capai 22 juta pengguna aktif setiap bulan dan masih terus bertambah.

Berbicara mengenai instagram, maka tidak dapat dilepaskan dari yang namanya koneksi internet. Ya, seperti yang kita ketahui untuk bisa mengakses instagram diperlukan sebuah koneksi internet, baik itu paket data/kuota ataupun jaringan Wi-Fi. Terkadang ada sebagian pengguna yang mengalami masalah atau ketidakstabilan pada jaringan internet mereka. Oleh karena itu, Instagram mulai meluncurkan fitur atau mode offline yang memungkinkan pengguna dalam mengelola akun instagram mereka tanpa memerlukan internet sama sekali. 

Melalui acara bertajuk F8 Developer Conference yang digelar oleh Facebook, pihak mereka mengumumkan bahwa aplikasi yang kini menjadi miliknya sudah dapat digunakan secara offline. Namun, fitur offline mode instagram ini baru hanya berlaku untuk pengguna perangkat Android. Sementara untuk pengguna iOS, Instagram menyatakan OS ini bakal mendapati layanan offline dalam beberapa bulan ke depan.

Wow, Instagram Kini Bisa Diakses Tanpa Internet!

Jika kamu bertanya bagaimana cara kerja dari fitur ini, yaitu pengguna bisa melihat konten-konten seperti foto, video, atau profile seseorang yang sebelumnya sudah pernah dibuka, dimana dalam membuka konten tersebut tanpa memakai internet dan tanpa loading ulang termasuk seluruh postingan yang telah terbuka di menu Explore.

Selain itu, kamu sebagai pengguna juga bisa memberi like dan komentar terhadap suatu postingan, mengunduh foto atau video, sampai follow dan unfollow pengguna lain. Akan tetapi hal tersebut baru bisa terkirim ke server instagram ketika kamu sudah terhubung ke internet. Dengan demikian saat kehabisan kuota atau tidak berada dalam jangkauan Wi-Fi kamu tetap bisa memperoleh informasi dan memberi feedback di dalam instagram.

Salah satu alasan instagram menyediakan layanan offline ini mungkin untuk meningkatkan pengguna Instagram di negara-negara berkembang yang belum merasakan internet cepat atau keadaan internetnya kurang stabil. Hal ini juga pernah diterapkan pada sosial media Facebook, yang mana mereka merilis aplikasi Facebook Lite dalam versi lebih ringan dan hemat penggunaan data.

Nah, jika kamu tertarik dengan fitur mode offline yang ditawarkan oleh instagram, silahkan kamu coba sendiri pada perangkat Android yang kamu miliki dan pastikan aplikasi instagram sudah diupdate ke versi terbaru ya!

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Admin Arimpi
admin
April 20, 2017 at 8:00 PM ×

Wah mantap nih, walau masih ada kekurangannya juga. Tapi kan gak perlu khawatir karena gak ada kuota kalo lagi buka ig.

Reply
avatar
April 23, 2017 at 7:12 PM ×

waaah lumayan nih ada program baru..
jadi hemat paket dong ini, ahhh lumayan banget

Reply
avatar
Thanks for your comment