Mengenal ReactOS, Sistem Operasi Gratis Mirip Windows

Siapa yang tidak tahu sistem operasi Windows? OS yang satu ini merupakan yang terpopuler di dunia. Windows merupakan sistem operasi berbasis close source, yang tentunya berbayar. Banyak orang yang ingin menggunakan sistem operasi Windows tetapi mereka merasa terlalu mahal untuk membeli OS tersebut, sehingga terpaksa memakai yang versi bajakan. Namun, sebenarnya ada alternatif lain berupa sistem operasi open source gratis yang juga mendukung aplikasi berbasis Windows, namanya adalah ReactOS.

ReactOS Open Source Operating System - Windows

Menurut Wikipedia, ReactOS adalah proyek software atau perangkat lunak yang memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang kompatibel secara biner dengan perangkat lunak aplikasi (software) dan driver perangkat untuk keluarga sistem operasi Microsoft Windows NT 5.x dan yang lebih tinggi (Windows 2000 dan yang setelahnya). ReactOS merupakan perangkat lunak yang bebas digunakan oleh semua orang dengan gratis secara keseluruhan.

Mungkin setelah melihat gambar atau screenshot di atas yang terlintas di pikiran Anda adalah tampilan Windows Vista atau Windows 7 dengan tema classic. Namun pada kenyataannya itu merupakan tampilan dari sistem operasi ReactOS yang berbasis open source. Pada sistem operasi ReactOS ini Anda juga dapat menjalankan berbagai macam aplikasi berbasis Windows.

Pada versi terbarunya yaitu versi 0.4.4, ReactOS telah mendukung MSSStyle. MSSStyle adalah format file yang diterapkan pada Microsoft Windows pada produk digitalnya, di antaranya pada Windows Vista dan Windows 7. Dengan update tersebut menjadi hal yang penting terutama bagi pengguna Windows yang ingin beralih menggunakan sistem operasi gratisan dari ReactOS.

ReactOS mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya performa yang cukup ringan, mendukung aplikasi berbasis Windows, dan mampu berjalan dengan menggunakan ruang penyimpanan Harddisk 500MB dan RAM yang hanya 96MB. Melalui situs web resminya yang beralamatkan https://www.reactos.org, terdapat pernyataan bahwa ReactOS bukan merupakan sistem operasi berbasis Linux yang sengaja dibuat mirip dengan Windows. Melainkan ReactOS adalah sistem operasi yang murni dibangun dari awal oleh ReactOS Foundation pada tahun 1998, atau baru dirilis secara stabil pada 16 November 2016 atau 3 bulan lalu dengan versi 0.4.3.

Berikut Screenshot Sistem Operasi ReactOS yang didapat dari situs resminya:

Mengenal ReactOS, Sistem Operasi Gratis Mirip Windows

Mengenal ReactOS, Sistem Operasi Gratis Mirip Windows

Mengenal ReactOS, Sistem Operasi Gratis Mirip Windows

Minimum System Requirements ReactOS:
  • RAM: at least 64 MB, recommended 256 MB.
  • Processor: x86 or x64 architecture, Pentium or later and compatibles; for more information see ReactOS ports.
  • Harddisk: IDE/SATA with minimum 450 MB of free space on the primary partition (please note that some SATA controllers may not work with ReactOS):
  • FAT16/FAT32 primary boot partition.
  • Video: VGA compatible video card (VESA BIOS version 2.0 or later).

Apabila Anda tertarik dengan sistem operasi gratis yang satu ini, silahkan download pada link berikut: https://www.reactos.org/download
Previous
Next Post »
Thanks for your comment