Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

Memori internal merupakan tempat atau ruang penyimpanan yang ada di dalam smartphone untuk menyimpan berbagai macam data, file, sistem, aplikasi, dokumen, foto, musik, dan masih banyak lagi. Kebutuhan akan penyimpanan data pada sebuah smartphone di zaman sekarang ini menjadi hal penting, sehingga Anda sebagai pengguna smartphone harus pandai dalam memilih kapasitas memori internal yang tepat. 

Saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali dengan kapasitas memori internal mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, hingga 256GB. Jika memori internal tersebut hanya berkapasitas 4GB maka biasanya memori tersebut hanya menyediakan ruang kosong bagi pengguna sebesar 1GB hingga 2GB saja karena sudah terpakai untuk sistem.

Internal Storage Memory Android

Meskipun ada beberapa smartphone yang memiliki dukungan untuk memindahkan aplikasi dan game ke memori eksternal, namun tentu ada sebagian lagi yang tidak mendukung. Oleh sebab itu tips bagi Anda yang suka menyimpan file-file berukuran besar di smartphone atau gemar memainkan game-game berat, maka pilihlah smartphone dengan kapasitas memori internal minimal 8GB ataupun smartphone yang mendukung pemindahan aplikasi dan game ke memori eksternal.

Namun jika Anda terlanjur mempunyai smartphone Android dengan kapasitas memori internal yang kecil maka Anda dapat mencoba trik yang akan saya bagikan kali ini, yaitu Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root. Cara ini sebenarnya cukup penting, apalagi untuk smartphone Android yang memiliki kapasitas memori internal yang kecil. Menariknya, tips dan trik ini tidak memerlukan proses rooting terlebih dahulu, dengan demikian smartphone Anda akan tetap berasa original. Baiklah langsung saja kita simak uraiannya di bawah ini. 

Berikut Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root:

1. Hapus Cache
Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang tergabung dalam memori Android. Sebenarnya yang membuat memori internal penuh adalah dikarenakan banyaknya cache pada ponsel Android Anda. Cara untuk menghapus cache di Android sangat mudah dan sederhana tanpa menggunakan aplikasi. Pertama masuk ke Settings atau Pengaturan, lalu klik menu Apps/Aplikasi kemudian pilih aplikasi ataupun game yang ingin dihapus cache-nya dan terakhir klik Clear cache atau Hapus cache.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting
Terkadang banyaknya aplikasi Android yang terinstall pada smartphone kita sebenarnya ada beberapa yang memiliki fungsi yang hampir sama persis. Sehingga sebelum melakukan penginstalan aplikasi kita harus pilih mana yang sering digunakan mana yang jarang atau sama sekali sudah tidak digunakan. Sama halnya dengan game, terlebih lagi jika kapasitasnya yang besar. Nah, kalau semisalnya Anda sudah jarang memainkan game tersebut atau sudah merasa bosan lebih baik dihapus saja untuk melegakan memori internal Android Anda.

3. Backup File Android ke Tempat Penyimpanan Lain
Apabila Anda punya perangkat lain selain smartphone, baik itu PC maupun laptop, maka manfaatkanlah memori penyimpanan di PC/laptop tersebut untuk menyimpan file dari smartphone yang berukuran besar. Selain PC/laptop, Anda juga bisa menggunakan hardisk eksternal, flashdisk dan memori eksternal lain. Ditambah lagi jika smartphone Anda telah mendukung dengan USB On-The-Go (OTG), maka Anda bisa langsung memindahkan file di Android ke flash drive tanpa membutuhkan perangkat komputer.

Alternatif >> Gunakan Aplikasi App2SD
Pengertian App2SD secara singkat yaitu aplikasi Android yang berfungsi untuk memindahkan aplikasi yang dari memori internal ke memori eksternal atau disebut dengan SD Card. Pada aplikasi ini terdapat tiga tab menu, di antaranya Moveable (kumpulan aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD card), On SD Card (kumpulan aplikasi yang sudah berada di SD Card), dan Phone Only (kumpulan aplikasi yang berada di memory internal). Aplikasi ini bernama AppMgr III (App 2 SD) dan dapat didownload langsung di Play Store Anda.

Demikian tips dan trik Android mengenai Cara Menambah Kapasitas Memori Internal Android Tanpa Root kali ini, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
Mbi Marifah
admin
February 24, 2017 at 8:10 PM ×

waduh nice info gan pengen coba nih ane

Reply
avatar
February 24, 2017 at 8:23 PM ×

Wah, ijin coba gan.
siapa tahu nanti bisa :D.
dibookmark dulu,

Reply
avatar
February 24, 2017 at 9:10 PM ×

Dikirain nambah memori intern itu misalnya 16gb jadi 28gb

Reply
avatar
Fabio Handi
admin
February 24, 2017 at 9:59 PM ×

thanks gan rekomendasi aplikasinya, ane coba dulu

Reply
avatar
Halla Abin
admin
May 14, 2017 at 10:05 PM ×

Terima kasih banyak .....

Reply
avatar
Haffid
admin
November 22, 2017 at 6:39 PM ×

app2sd itu bukannya membutuhkan akses root ya min? maaf newbie banget soal android

Reply
avatar
Thanks for your comment