Cara Browsing Tanpa Koneksi Internet di Semua Browser

Kembali lagi dengan QurtifaWijaya.com, kali ini admin akan membagikan Tips dan Trik Bagaimana Cara Browsing Tanpa Koneksi Internet (Offline) Untuk Semua Browser. Pada kehidupan masyarakat modern saat ini seluruh aspek kehidupan bergantung kepada teknologi yang semakin berkembang dari masa ke masa. Salah satunya adalah internet. Ada banyak manfaat yang didapat dari internet, antara lain untuk sarana komunikasi, pendidikan dan pekerjaan, media sosial atau jejaring sosial, hingga browsing atau istilahnya "surfing the internet".

Browsing - Surfing the Internet - Mozilla Firefox Google Chrome Opera Safari Internet Explorer

Berbicara mengenai browsing, browsing merupakan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh pengguna internet untuk mencari ataupun menelusuri berbagai informasi yang ada pada sebuah halaman web di internet. Browsing juga dapat diartikan sebagai menjelajah internet, sedangkan media atau aplikasi untuk melakukan browsing disebut dengan browser. 

Seperti yang kita ketahui bersama untuk melakukan browsing maka diperlukan sebuah koneksi internet, seperti Wi-Fi ataupun paket data. Dengan adanya koneksi internet maka kita dapat mengakses web, jejaring sosial, streaming video, dll yang pastinya harus membayar kepada penyedia layanan internet tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa ada trik khusus untuk menjelajah web internet (browsing) tanpa menggunakan koneksi internet alias offline. Selengkapnya silahkan simak uraiannya di bawah ini.


1. HTTrack
HTTrack adalah program aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mendownload berbagau situs web di Internet ke dalam direktori lokal Anda. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa mendapatkan HTML, gambar dan file dari website tersebut ke komputer Anda. Software ini gratis dan bisa Anda download pada halaman web resminya yang beralamatkan https://www.httrack.com.

HTTrack Website Copier

Langkah-langkah:
1. Pertama, download dan install aplikasinya terlebih dahulu melalui link di atas.
2. Setelah itu Anda diminta untuk membuat sebuah folder dan memberi nama pada folder tersebut yang kemudian Anda bisa download situs sesuai keinginan. Klik Next.
3. Selanjutnya isi URL/Link web yang Anda inginkan pada kotak Web Addresses. Klik Next.
4. Tunggu proses download hingga selesai. Cepat atau lamanya download tergantung koneksi internet dan ukuran web yang Anda download.
5. Apabila download telah selesai, maka Anda dapat membuka situs web dalam folder yang telah dibuat.

2. GetLeft
Selain aplikasi di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi/software gratis yang satu ini. Sama halnya seperti HTTrack, GetLeft juga mampu mendownload sebuah halaman website secara komplit yang dapat diatur oleh pengguna. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya perlu mendownload aplikasinya pada link berikut https://sourceforge.net/projects/getleftdown/, kemudian ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

GetLeft Website Downloader

Langkah-langkah:
1. Seperti biasa download dan install softwarenya terlebih dahulu pada link di atas.
2. Kemudian buka software tersebut dan klik ikon "Enter URL" atau tekan Ctrl + U pada keyboard. Isi URL/Link web pada kolom yang disediakan dan tentukan direktori tempat penyimpanan file.
3. Tentukan file yang ingin Anda download, dan tunggu proses download file hingga selesai.
4. Selesai. Sekarang Anda dapat mengakses situs web tanpa menggunakan koneksi internet sama sekali.

Sekian untuk artikel kali ini dan semoga bermanfaat :)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment