3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop

Mengetahui spesifikasi komputer atau laptop merupakan hal yang sangat penting. Ketika kita hendak membeli sebuah perangkat komputer ataupun laptop pasti yang kita lihat terlebih dahulu adalah mengenai fitur dan spesifikasinya. Apalagi jika kita suka menjalankan aplikasi atau game-game yang berat, maka tentunya spesifikasi PC/laptop tersebut harus memenuhi kriteria minimal untuk menjalankan aplikasi atau game tersebut.

Pada umumnya aplikasi atau game yang terbilang besar dan berat akan mengkonsumsi banyak RAM. Jika kapasitas RAM tersebut kecil dan kita memaksakan untuk menginstall aplikasi atau game berat maka perangkat PC atau laptop kita akan terasa lambat, menimbulkan hang, dan mengurangi performa komputer/laptop Anda.

Berikut 3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop:

Cara 1: Melihat Spesifikasi PC/Laptop melalui Control Panel
1. Cara yang pertama ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu klik kanan pada My Computer, untuk Windows 8/10 klik kanan pada My PC lalu pilih Properties.
2. Maka Control Panel akan menampilkan spesifikasi komputer atau laptop Anda seperti sistem operasi, processor, RAM, tipe sistem, dll.

3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop

Cara 2: Melihat Spesifikasi PC/Laptop melalui DirectX Diagnostic Tool
1. Pertama, buka Run melalui tombol Start. Alternatif lain tekan ikon Windows pada keybord bersamaan dengan tombol R (Win + R).
2. Ketikkan "dxdiag" pada kolom yang disediakan, lalu klik OK atau tekan enter.



3. Kemudian akan muncul pop-up yang menampilkan spesifikasi komputer atau laptop Anda.


3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop

4. Ada 4 tab menu pada DirectX Diagnostic Tool, di antaranya System (informasi umum mengenai spesifikasi komputer), Display (spesifikasi VGA atau layar komputer), Sound (spesifikasi sound card beserta driver-nya), dan Input (informasi perangkat input komputer).

Cara 3: Melihat Spesifikasi PC/Laptop melalui Aplikasi CPU-Z
1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasinya melalui link berikut >> http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html.
2. Buka aplikasi CPU-Z (sesuaikan dengan bit komputer atau laptop Anda).
3. Kemudian aplikasi tersebut akan menampilkan spesifikasi PC/Laptop Anda secara lengkap dan detail.

3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop

4. Selesai. Perlu diingat aplikasi ini tidak perlu kita install, melainkan hanya klik ikon CPU-Z saja untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop kita.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment