10 Software Wajib Install Pada PC/Laptop Anda

Dalam pengertian umumnya, software atau perangkat lunak adalah program atau data yang disimpan secara digital artinya tidak dapat dilihat secara fisik melainkan hanya dapat dilihat dalam sebuah layar PC, Laptop dan sejenisnya. Software adalah salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah komputer karena akan memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Bayangkan jika dalam sebuah komputer tidak memiliki software tentu saja kita sebagai pengguna akan merasa kebingunan dalam menggunakannya.

10 Software Wajib Install Pada PC/Laptop Anda

Jenis-jenis software sendiri berbeda-beda, ada yang gratis (freeware), berbayar (commercial software), terbuka (open source software), bahkan hingga software penebar virus (malware) dan lain-lain. Kita sebagai pengguna pc atau laptop tentunya harus lebih bijak dan teliti dalam memilih software yang akan diinstall. Apabila Anda membeli sebuah komputer atau laptop pasti software di dalamnya belum lengkap atau sedikit sekali. Untuk itu, di bawah ini akan diuraikan kumpulan software yang wajib diinstall pada pc atau laptop Anda. 


1. Office

Microsoft Office Logo

Aplikasi office sangat penting karena untuk menunjang pekerjaan kamu seorang pelajar, mahasiswa, maupun yang sudah bekerja. Ada banyak software atau aplikasi office ini salah satunya adalah Microsoft Office. Di Microsoft Office ini kamu akan menemukan aplikasi pengolah kata (Word), pengolah angka (Excel), pengolah presentasi (PowerPoint), pengolah data (Access), dan banyak lagi. Adapun aplikasi office alternatif lainnya di antaranya OpenOffice, LibreOffice, dan WPS Office.

2. Browser


Web Browser Logo

Berikutnya adalah aplikasi browser yang kita sudah tahu semua fungsinya adalah untuk menjelajah dunia internet. Walaupun di Windows sudah dilengkapi dengan browser bawaan yaitu Internet Explorer, tetapi bagi kamu yang merasa kurang dengan browser bawaan Windows tentu dapat menambahnya dengan menginstall browser lain, contohnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Browser, UC Browser, dan sebagainya.

3. Antivirus

Antivirus Logo

Kebanyakan dari kita mengabaikan software yang satu ini. Aplikasi antivirus sangat berguna sekali untuk meningkatkan sistem keamanan dalam sebuah pc atau laptop. Jika tidak ada antivirus, maka virus atau malware berbahaya akan dengan mudah masuk ke dalam komputer kita. Antivirus lokal yang biasa kita kenal yaitu Smadav, dan antivirus terkenal lainnya seperti Avast, Kaspersky, AVG, dan masih banyak lagi.

4. WinRAR

WinRAR logo

Siapa yang tidak tahu WinRAR? Bagi Anda yang belum tahu, WinRAR adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk membuat arsip atau mengkompres sebuah file. File yang telah dikompres dengan WinRAR memiliki format (.ZIP) atau (.RAR). Selain itu, file yang diarsipkan tersebut tentu akan memiliki size atau ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya.

5. Media Player

GOM Player Logo

Media Player adalah sebutan untuk aplikasi yang digunakan untuk memutar file audio ataupun video. Jika Anda suka mendengarkan musik dan menonton video, maka Multimedia Player menjadi software yang wajib berada pada perangkat PC/Laptop Anda. Di Windows sendiri sudah disediakan media player bawaan untuk memutar musik dan video, namun seperti yang kita ketahui aplikasi tersebut sangat minim tampilan dan fitur. Nah, Anda dapat mencoba alternatif media player lain seperti VLC media player, GOM media player, Winamp, Media Player Classic, dll.

6. Adobe Reader

Adobe Reader Logo

Adobe Reader adalah salah satu aplikasi pembaca file dokumen PDF yang paling populer saat ini. Alasannya karena penggunaannya yang mudah ditambah dengan tampilan yang sederhana. Apabila Anda suka membaca buku elektronik atau istilahnya adalah E-Book, maka aplikasi ini akan sangat diperlukan. Sebenarnya ada aplikasi pembaca PDF lain selain Adobe Reader, misalnya adalah Foxit Reader, Nitro PDF Reader, dan SlimPDF.

7. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop Logo

Memang tidak semua orang suka dengan desain grafis, namun aplikasi Adobe Photoshop ini memiliki beragam fitur yang memenuhi semua kebutuhan edit foto mulai dari yang sederhana hingga tingkatan sulit. Bagi seorang desainer tentu wajib mempunyai aplikasi yang satu ini. Tidak hanya seorang desainer saja tetapi bagi seorang pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran pun akan membutuhkan software Photoshop dalam hal editing foto.

8. Download Manager

Internet Download Manager

Apakah kamu pernah mendengar aplikasi IDM? Ya, IDM atau Internet Download Manager adalah salah satu aplikasi downloader yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Jika Anda terhubung ke jaringan internet pasti tidak terlepas dari aktivitas download, sehingga aplikasi download manager akan terasa perlu meskipun sebenarnya sudah terdapat pada setiap web browser. Kenapa harus menggunakan aplikasi download manager? karena berguna untuk meningkatkan kinerja download menjadi lebih maksimal.

9. Corel Draw

Corel Draw Logo

Sama seperti Adobe Photoshop, Corel Draw juga masuk ke dalam kategori aplikasi desain grafis. Namun yang membedakan Corel Draw dengan Photoshop adalah Corel Draw lebih mengarah pada objek berbentuk vector dengan tulisan dan gambar. Pada aplikasi Corel Draw, kita dapat membuat garis lengkung dan mengkreasikannya dengan sangat mudah. Kekurangan aplikasi ini yaitu membutuhkan kapasitas tinggi sehingga seringkali PC/Laptop terasa lemot saat digunakan.

10. CCleaner

CCleaner Logo

Software yang tak kalah penting lainnya adalah CCleaner. Jika Antivirus merupakan software penghapus virus-virus di komputer, maka CCleaner adalah aplikasi yang berguna untuk meningkatkan performa sebuah PC atau Laptop agar menjadi lebih optimal saat digunakan. Cara kerja aplikasi ini adalah menghapus file-file sampah (junk file) atau file tidak penting yang membuat PC kita lemot.

Itulah artikel tentang 10 Software Wajib Install Pada PC/Laptop Anda, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
February 5, 2017 at 2:18 PM ×

Oh itu softwarenya

Congrats bro zaenudin bagus pratama you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment